Minggu, 22 Mei 2011

Banyak Pilihan dalam Hidup

Menjalani kehidupan sehari-hari, dalam prosesnya yang bertahap dan penuh liku akan menjadi pengalaman kita masing-masing. Kadang-kadang kita mengalami kemudahan dalam hidup, kadang-kadang kerumitan, dan mungkin juga masalah yang dialami. Semua pengalaman hidup itu masing-masing akan memberikan makna dan hikmah tersendiri. Apabila sudah dapat melihat arti dan mengalami hikmahnya, maka bersyukurlah pada Tuhan.
Perjalanan hidup memberikan masing-masing pada kita suatu pilihan yang harus dilakukan dan jalani.  Ada yang menjadi Pedagang, Karyawan Swasta, Buruh Bangunan, Kuli di Pasar, Pengusaha, dan panggilan hidup yang lainnya.  Dalam melakukan pilihan dan menjalani kehidupan ini akan mengalami konsekwensi masing-masing sesuai pilihan yang dijalani. Hakikatnya tak ada yang lebih tinggi ataupun lebih rendah dimata Tuhan Yang Maha Esa. Hanya karena keterbatasan dan cara berpikir kita yang berbeda-beda, maka masing-masing menimbulkan ego sendiri-sendiri. Karena Kebodohan kita berpikir dan berucap bahwa melakukan pekerjaan itu lebih tinggi dari pekerjaan ini.  Karena Karma kita menjalani semua ini. Tapi walaupun demikian tak sepantasnya lalu kita pasrah saja tidak berbuat apa-apa, karena alasan itu.
Sebagai manusia kita tetap wajib berbuat dan berusaha mengubah nasib kita sesuai profesi yang menjadi pilihan masing-masing. Keyakinan yang benar akan suatu pilihan dalam proses perjalanan hidup akan memberikan tuntunan kejernihan berpikir, bercakap, dan akhirnya berbuat dalam kehidupan sehari-hari. Kesadaran pada keyakinan inilah yang akan memberikan spirit kekuatan serta ketabahan dalam berlaku keseharian kita. Keyakinan pada jalan proses mencari kebenaran ini memerlukan waktu yang relatif bagi kita untuk belajar lebih banyak lagi dari orang-orang yang kita percayai. Keyakinan pada diri sendiri juga berarti keyakinan kepada Tuhan yang akan menuntun kita memperoleh jalan keselamatan. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar